Langsung ke konten utama

Rakor DAK Fisik Pendidikan DIKBUD Tahun 2023 bersama PEMDA Kab sarolangun

 


SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sarolangun menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik bidang Pendidikan tahun 2023, Rabu (20/09/2023) di Aula Kantor Disdikbud Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, yang dihadiri Kadis Dikbud Sarolangun Drs H M Arsyad, SH, M.Pd.I, Sekretaris Disdikbud Sarolangun Zulhitmi, M.Pd.I, Irban Inspektorat Sarolangun M Sokian, Jajaran Disdikbud Sarolangun, Para Kepala Sekolah PAUD, SD dan SMP serta bendahara dan penyelenggaran dana DAK Fisik bidang Pendidikan.

Kadis Dikbud Sarolangun Arsyad dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan rakor dak fisik bidang pendidikan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada pihak sekolah selaku penyelenggara dana DAK yang dikucurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ke pihak sekolah secara langsung.

” Dak fisik sudah berjalan dan ada 24 sekolah yang mendapatkan dana dak fisik yang langsung dikucurkan Kemendikbud ke sekolah dan tidak boleh kontraktual atau pihak ketiga, dan tidak ada intervensi dari dinas pendidikan. Anggaran yang dikelola itu tergantung, total dana dak lebih kurang 26 miliar, yang dapat itu 2 sekolah TK, 11 SD, dan 14 SMP,” katanya.

Arsyad juga menambahkan seluruh kepala sekolah, bendahara dan penanggungjawab dari kegiatan DAK Sekolah ini agar melaksanakan pembangunan DAK tidak lari dari pada ketentuan dan tetap mempedomani juklak dan juknis dari Kemendikbud serta sesuai dengan target pemerintah dan diikuti oleh administrasi yang benar.

” Kalau administrasinya tidak benar , pengelolaan keuangan tidak bagus, maka bisa muncul masalah. Dan yang kita harapkan administrasi benar,  pelaksanaan benar, pembangunan jelas dan fisiknya oke itu baru benar,” katanya.

” Untuk dana DAK Fisik sekolah ada pembangunan labor rehab kelas, kerangka baja bagian atas, pembangunan mck dan yang menentukan itu oleh Kementrian pendidikan sesuai data dapodik,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa rakor ini sangat penting dilakukan dalam rangka menyamakan persepsi terhadap seluruh kepala sekolah, dan penyelenggara dana DAK fisik terhadap pengelolaan dana sesuai dengan baik, transparan, akuntabel dan sesuai dengan spek yang ada.

” Bagaimana DAK itu bisa di kelola dengan baik secara transparan dan akuntabel, sehingga betul bermanfaat bagi pembangunan dan perkembangan pendidikan di Sarolangun. Saya berharap realisasi anggaran, kinerja dak ini berpengaruh besar kinerja daerah dalam kaitannya realisasi APBD, dalam pelaksanaannya saya harap betul betul dilaksanakan secara baik dan tidak menyalahi aturan,” katanya.

Bachril Bakri juga menyebutkan kedepan akan berupaya untuk meningkatkan kucuran dana DAK fisik bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

” Saya berupaya kita buat profosal melalui perencanaan di awal tahun depan, saya berupaya berjuang di jakarta untuk menambah anggaran DAK kita dan mudah-mudahan bisa di tambah,” ujarnya"

Artikel Terpopuler

Kulineran di Taman Wisata Keluarga Ancol Tetap Terjangkau

Polemik Rebutan lintasan Jalan Perusahaan Waka DPRD Sarolangun jangan korbankan masyarakat

Setelah 2 Hari Berjibaku, BPBD Basarnas beserta Tim Lainnya Korban Dapat Ditemukan dan Dievakuasi

APOTIK MARANATHA DAN POLSEK SAROLANGUN BERIKAN SEMBAKO GRATIS BAGI YANG VAKSIN

Jelajah Wisata Desa Raden Anom Batang Asai

Nahkodai IMDI Sarolangun, Ronald Sebut Siap Tampung Aspirasi Masyarakat

Selesai Rapat Paripurna Tingkat II DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari: Soroti Infrastruktur Dalam Kota

Kades Cantik Di Sarolangun Panen Sayur

Meningkatkan Proses Pemberdayaan Perempuan, DP3A Fokus Dalam Pengarusutamaan Gender!

DINAS TPHP SAROLANGUN PANEN RAYA CABE RAWIT BERSAMA POKTAN HIJAU DAUN DAN LSM GPLH

Support : Website | Sarolangun | SarolangunTV
Copyright © 2019. Sarolangun.TV - All Rights Reserved