Langsung ke konten utama

MTQ Tingkat Provinsi Jambi Ke-52 Tahun 2023 Resmi Dibuka Dikabupaten Sarolangun

 Gubernur Jambi Alharis bersama Wagub Abdullah Sani, tabuh beduk dan PJ Bupati Bachril Bakri saat memukul kompangan sebagai tanda pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi

SAROLANGUN – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jambi ke-52 Tahun 2023 secara resmi telah dibuka, pada Rabu (24/08/2023) malam di lapangan gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Jambi Dr H Alharis, S.Sos, MH dan Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, beserta pemukulan kompangan oleh Pj Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc beserta para Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Jambi.

Sejumlah pejabat penting hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Ketua PBNU Prof Dr KH Said Aqil, Anggota DPR RI Dapil Jambi Drs H Hasan Basri Agus, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Zostapia, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Ny Hj Hesnidar Haris, Kasiter Korem 042/Gapu Jambi Kol. Kav. Andriyan Wahyu.

Selain itu hadir juga Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc beserta istri Ny Indah Dewi Pangesti, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Para Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Provinsi Jambi,  Para kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun, Tripika Kecamatan, Dewan Hakim dan Para kafilah Kabupaten/Kita se-Provinsi Jambi serta ribuan masyarakat Sarolangun yang menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri dalam laporannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran bapak Gubernur Jambi beserta seluruh tamu undangan dalam kegiatan pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-52 tahun 2023 di bumi sepucuk adat serumpun pseko.

Iapun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan amanah kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun sebagai tuan rumah untuk melaksanakan MTQ provinsi jambi ke-52 tahun 2023.

” Seluruh jajaran pemerintah kabupaten Sarolangun dan forkompinda serta stake holder telah berupaya untuk melaksanakan persiapan MTQ tingkat provinsi Jambi. Bila ada kekurangan dalam persiapan ini, kami mohon dimaafkan karena keterbatasan kami,” katanya.

Selain itu, Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun dilakukan atas Dasar 589/kep.gub/b/kesra-1/2022 tentang penetapan jadwal tuan rumah penyelenggaran mtq tingkat Provinsi Jambi ke-52 Tahun 2023.

Kegiatan MTQ ini dilaksanakan dari 21 s.d 30 Agustus 2023, dengan diikuti peserta kafilah kabupaten/Kota sebanyak 1.299 orang terdiri dari official dan qori-qoriah dan 139 dewan hakim.

Sementara untuk cabang lomba MTQ Provinsi Jambi ada sebanyak 11 cabang lomba yakni tilawah remaja dan dewasa, qiraat remaja dan Mujawwat dewasa, tartil alquran dan tilawah anak-anak dan tuna netra, cabang barzanji marhaban, tahfidz Qur’an, cabang tafsir bahasa Indonesia, bahasa inggris dan bahas arab, fahmil dan sarhil Qur’an, cabang khat Qur’an, cabang menulis karya tulis Alquran, hapalan hafidz dengan sanat.

” Untuk Penginapan Kafilah tersebar di hotel dan rumah penduduk yang aksesnya dekat dengan lokasi lomba.  Selaku tuan rumah, kami berharap terlaksana dengan baik dan tentunya juga kami berharap bisa meraih prestasi yang maksimal,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi  Alharis mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sarolangun dan forkompinda yang telah bersedia sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-52 tahun 2023 ini.

Melalui MTQ ini, Kata Gubernur, agar dijadikan sebagai  ajang MTQ ini untuk meningkatkan silaturrahmi dan untuk menjaga rasa persatuan dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang sebagai tahun politik, meskipun berbeda pilihan tapi tetap menjaga keharmonisan sesama.

” Program kami satu desa satu hafidz yang tujuannya bagaimana hafid dan hafidzah merata di seluruh wilayah di Provinsi Jambi. Sebagai bentuk mewariskan generasi hafidz Qur’an.  Kita juga ada program life Skill Pondok Pesantren, sehingga setelah tamat pondok pesantren bisa langsung bekerja,” katanya.

Gubernur juga mengajak seluruh jajaran forkompinda, stake holder terkait dan lapisan masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ini, dengan harapan nantinya bisa menjadikan untuk menggemari membaca Alquran, mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

” Mari kita laksanakan MTQ ini dengan sebaik-baiknya, terima kasih kepada para dewan hakim dan kafilah yang telah mengikuti kegiatan MTQ ini dengan baik, bagaimana kedepan kita terus mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Alquran. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-52 Tahun 2023 dengan ini saya nyatakan secara resmi dibuka,” katanya.

Dalam kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ini, juga dilakukan berbagai rangkaian kegiatan seremonial pembukaan, mulai dari defile kafilah, pembacaan ayat suci Alquran, tausiah agama, pengibaran bendera MTQ, menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars MTQ serta tarian masal.

Artikel Terpopuler

Lowongan Kerja PT NSS Daeler Motor Honda Sarolangun

Forum Konsultasi Publik awal RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025 Resmi dibuka PJ Bupati

Pasar kreatif di Laman Besamo Lapangan Sriwijaya

Ibu ini Berjuang Menghapus KDRT di Sarolangun

Ibu-ibu Cantik ini Berkumpul di Hotel Abadi Sarolangun

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Terapkan Metode Baru Untuk Penanganan Sampah di Kabupaten Sarolangun!

Berusaha Melewati Banjir, 1 Unit Mobil dan 2 Unit Motor Terbawa Arus

Travel Sumatrans Sarolangun Armada Excecutive

POKDARKAMTIBMAS Polsek Pelawan Singkut

Lowongan Kerja FIF GROUP Cabang Sarolangun

Support : Website | Sarolangun | SarolangunTV
Copyright © 2019. Sarolangun.TV - All Rights Reserved