Langsung ke konten utama

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Serahkan Alkes Hibah Kemenkes Kepada Dinkes sarolangun

Sarolangun.tv- Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menyerahkan alat kesehatan hibah Kementrian Kesehatan RI kepada seluruh puskesmas, Kamis (18/01/2024) di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun.

Alat kesehatan tersebut berupa alat USG 2 Dimensi Infant Pulse Oxymeyer dan Antropometri Kit, yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Kesehatan Sarolangun atas hibah Kemenkes RI Tahun 2023 dalam rangka pencegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Sarolangun.

Penyerahan alat tersebut diserahkan secara simbolis turut dihadiri PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kadis kesehatan Sarolangun Bambang Hermanto, SE MM, Sekretaris Dinas Sarolangun Fauziyah, jajaran Kabid, dan para kepala puskesmas yang ada di Sarolangun.

Kadis Kesehatan Sarolangun, Bambang Hermanto mengatakan bantuan Hibah alat Antropometri dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebanyak 362 unit yang dibagikan untuk Puskesmas-Puskesmas di wilayah Kabupaten Sarolangun, yang nantinya akan disebarkan ke posyandu-posyandu yang ada.

” Kita serahkan ke seluruh Puskesmas lalui kemudian disalurkan ke posyandu di wilayah masing-masing,” katanya.

Alat kesehatan bantuan hibah Kemenkes RI Tahun 2023 alat USG 2 Dimensi, Infant Pulse Oxymeyer 16 unit, dan Antropometri Kit sebanyak 378 unit untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun untuk Puskesmas dan Posyandu.

378 unit antropometri tersebut diberikan kepada 16 puskesmas dan 362 posyandu, yang ada di Kabupaten Sarolangun, dengan rincian Puskesmas Sarolangun 38 unit, Puskesmas Sungai Baung 14 unit, Puskesmas Limbur Tembesi 23 unit, Puskesmas Singkut 35 unit, Puskesmas Singkut V 17 unit, Puskesmas Pelawan 26 unit, Puskesmas Pulau Pandan 26 unit.

Kemudian Puskesmas Mersip 17 unit, Puskesmas CNG 20 unit, Puskesmas Mandiangin 28 unit, Puskesmas Butang Baru 35 unit, Puskesmas Pauh 18 unit, Puskesmas Sepintun 9 unit,Puskesmas Air Hitam 18 unit, Puskesmas Pematang Kabau 18 unit dan Puskesmas Batang Asai 41 unit.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengaku sangat bersyukur atas bantuan alat kesehatan hibah Kemenkes RI ini dalam rangka melaksanakan program penurunan stunting di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Sebab dengan alat-alat tersebut akan sangat penting untuk mengukur dan mengidentifikasikan seorang bayi dibawah dua tahun bahkan masih dalam kandungan apakah masuk dalam stunting.

” Jadi ini kita yakin dengan alat yang terukur, kondisi stuntingnya terukur sehingga kita tidak tebak-tebak lagi si anak ini stunting. Melalui alat ini akan diketahui, tekhnologinya paling bagus, bisa dengan alat ini indikator tinggi badan, berat badan dan ukuran kepala akan diketahui,” katanya.

Maka nantinya bila ditemukan bayi yang baru lahir dengan berat badan dibawah 2,5 kg dan tinggi badan dibawah 48 centi meter makan sudah bisa dikatakan langsung bayi stunting, dan kemudian dilakukan upaya untuk penanganan bagi stunting secara efektif.

” Jumlah anak stunting di Sarolangun tahun 2023 dari 704 anak sudah menurun menjadi 406 anak, dan persentase ditargetkan penurunannya 16,8 persen,” katanya.

Bachril Bakri menjelaskan alat USG dua dimensi dimana USG ini bisa membantu mendeteksi stunting saat masih di dalam kandungan. Alat Antropometri kit digunakan terkait ukuran panjang bayi yang sudah lahir, dan berat bayi yang sudah lahir, sedangkan alat Infant Pulse Oximeter sebanyak 16 unit dan ini digunakan untuk mengukur oksigen, tekanan darah.

” Mohon alat ini dijaga, dirawat betul dan digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kinerja kita dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di kabupaten Sarolangun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Kadis Kesehatan Sarolangun Bambang Hermanto juga melakukan pengecekan alat kesehatan hibah Kemenkes RI tersebut.

Artikel Terpopuler

Kulineran di Taman Wisata Keluarga Ancol Tetap Terjangkau

Polemik Rebutan lintasan Jalan Perusahaan Waka DPRD Sarolangun jangan korbankan masyarakat

Setelah 2 Hari Berjibaku, BPBD Basarnas beserta Tim Lainnya Korban Dapat Ditemukan dan Dievakuasi

APOTIK MARANATHA DAN POLSEK SAROLANGUN BERIKAN SEMBAKO GRATIS BAGI YANG VAKSIN

Jelajah Wisata Desa Raden Anom Batang Asai

Nahkodai IMDI Sarolangun, Ronald Sebut Siap Tampung Aspirasi Masyarakat

Selesai Rapat Paripurna Tingkat II DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari: Soroti Infrastruktur Dalam Kota

Kades Cantik Di Sarolangun Panen Sayur

Meningkatkan Proses Pemberdayaan Perempuan, DP3A Fokus Dalam Pengarusutamaan Gender!

DINAS TPHP SAROLANGUN PANEN RAYA CABE RAWIT BERSAMA POKTAN HIJAU DAUN DAN LSM GPLH

Support : Website | Sarolangun | SarolangunTV
Copyright © 2019. Sarolangun.TV - All Rights Reserved